Materi Persuratan dan Proposal


Surat merupakan salah satu sarana komunikasi. Jauh sebelum adanya teknologi informasi dan komunikasi, nenek moyang kita telah mengenal surat sebagai sarana komunikasi jarak jauh pada zaman itu. Namun seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi kegiatan surat menyurat perlahan mulai ditinggalkan dengan adanya smartphone yang memungkinkan kita untuk berkirim pesan, melakukan panggilan suara bahkan panggilan video sekalipun. Namun, bukan berarti bahwa manusia modern tidak lagi membutuhkan surat, karena surat masih tetap digunakan hingga hari ini.

Perlu kiranya kita mengerti dan mengetahui cara membuat surat, karena tidak semua sesuatu dapat disampaikan secara lisan. Contohnya dalam sebuah organisasi untuk menyampaikan suatu hal secara resmi harus dengan surat, untuk menyampaikan sebuah rencana kegiatan harus dengan proposal dan lain-lain. Persuratan merupakan hal utama yang harus diperhatikan dalam sebuah organisasi, lembaga maupun instansi pemerintahan, karena surat masih menjadi senjata utama untuk menyampaikan sesuatu hal secara resmi. Surat merupakan alat komunikasi yang disampaikan secara tertulis, berisi bahan informasi berupa berita, laporan, pemberitahuan, perintah, pesanan, keputusan, undangan dan permohonan, yang lazimnya harus dikirimkan atau disampaikan kepada pihak lain. Sementara proposal merupakan rencana atau rancangan kegiatan atau program dalam bentuk tertulis.

Bagi anda yang membutuhkan materi atau ingin belajar tentang persuratan dan proposal berikut ini kami bagikan materinya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Klik di sini untuk download materinya.

Comments