Unboxing dan Review Xioami Mi Pocket Speaker 2


Xiaomi, hari ini siapa yang tidak kenal dengan merek tersebut. Xiaomi merupakan salah satu perusahaan pembuat smartphone dan peralatan elektronik yang berasal dari Tiongkok. Menurut IDC, saat ini Xiaomi merupakan produsen smartphone terbesar ketiga di dunia diikuti oleh Lenovo dan LG yang masing-masing berada pada urutan keempat dan kelima. Samsung masih tetap berada diurutan pertama meskipun produksinya menurun, lalu diikuti Apple di urutan kedua. Xiaomi juga menjadi vendor smartphone terbesar di Tiongkok pada tahun 2014 setelah berhasil menyalip Samsung.

Itulah sedikit perkenalan singkat, padat dan kurang jelas tentang perusahaan Xiaomi. Mungkin, kebanyakan orang mengenal Xiaomi lewat produk smartphone-nya yang terkenal memiliki harga yang murah tetapi tidak murahan, dalam hal ini produk Xiaomi Redmi dan Redmi Note. Siapa sangka kalau Xiaomi tidak hanya memproduksi dan menjual smartphone saja. Akan tetapi, juga memproduksi perangkat-perangkat elekronik lainnya seperti notebook, tablet, televisi, smartwatch, action camera, powerbank  dan perangkat audio portable bahkan hingga koper dan tas sekalipun, juga dijual oleh Xiaomi.

Saya tidak akan panjang lebar, karena kali ini saya akan mereview salah satu perangkat audio portable keluaran Xiaomi yaitu Mi Pocket Speaker 2. Mi Pocket Speaker 2 merupakan sebuah perangkat wireless bluetooth speaker, artinya speaker ini merupakan speaker yang dioperaikan melalui koneksi bluetooth.  Produk yang saya beli kali ini berwana putih, untuk pertama kalinya berhubung karena stok warna hitamnya sudah habis. Wireless bluetooth speaker ini saya beli secara online melalui erafone.com seharga Rp. 369.000 ditambah ongkos kirim (ongkir) sebesar Rp. 36.000, biaya ongkir bervariasi tergantung lokasi pengirimannya.

Paket dari Erafone

Setelah paket dibuka maka kita akan menemukan box dari Mi Pocket Speaker 2 - Warna Putih. Box ini cukup menarik perhatian saya, karena dibalut dengan sentuhan warna putih dan dikemas layaknya sebuah produk flagship. Tampak pada bagian depan dapat dilihat gambar produk yang di bawahnya terdapat tulisan nama produk "Mi Pocket Speaker 2", terlihat simpel namun sangat elegan. Di bagian belakan box juga sama, terlihat simpel dan menampilkan informasi penting seputar produk.

Box Tampak Depan

Box Tampak Belakang

Setelah box dibuka kini saatnya melihat satu per satu fitur dan keunggulan dari Mi Pocket Speaker 2 ini, kesan pertama saya tentang produk ini terletak pada build quality-nya. Dibalut warna putih polos dipadukan dengan sedikit sentuhan warna silver pada bagian atas membuat produk ini tampak sangat elegan dengan desain yang ergonomis, dengan harapan kualitas suara yang dihasilkan setara dengan desainnya. Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa produk ini memiliki desain yang ergonomis, dilihat dari segi bentuknya yang bulat sehingga mudah digenggam, dengan pemilihan material premium dan berkualitas tinggi sehingga produk ini terkesan kokoh namun tidak berat.



Pada produk ini, kita tidak akan menemukan adanya tombol kontrol pada bagian samping kiri, kanan, depan, belakang, atas dan bawah seperti speaker pada umumnya. Karena tombol-tombol ini diletakkan pada bagian atas speaker dan menyatu dengan body. Pada speaker ini hanya disediakan satu buah tombol untuk semua kontrol, jadi jangan harap anda akan menemukan tombol volume up dan volume down pada speaker ini, karena tombol itu disatukan dengan tombol power dan kontrol lainnya yang dapat diputar ke kiri dan ke kanan.


Pada paket penjualan Mi Pocket Speaker 2 ini, anda akan mendapatkan 1 Unit Speaker, Karet Pelindung dan Panduan Singkat. Tidak terdapat charger ataupun kabel data pada paket penjualan ini, namun itu tidak menjadi masalah karena anda dapat memakai charger perangkat lain yang menggunakan port micro USB.



Pada bagian depan speaker ini, anda akan menumukan lampu LED indikator yang akan menginformasikan status perangkat kepada anda. Di bagian belakang, anda akan menemukan port micro USB. Lubang speaker ditempatkan pada bagian atas yang dipadukan dengan tombol kontrol yang dapat diputar utuk mengatur volume, sedangkan pada bagian bawah hanya terdapat microphone yang tersembunyi sehingga tidak mengganggu keindahan perangkat.

LED Indikator

Port Micro USB

Microphone Terdapat pada Lubang Kecil di Bawah Lambang Bluetooth 

Speaker Terletak di Bagian Atas Dipadukan dengan Tombol Kontrol

Suara dari speaker ini lumayan enak buat didengar, terasa lembut dan powerfull, balance antara bass dan tribelnya juga seimbang. Saat menghubungkan speaker ini dengan smartphone, suara yang dihasilkan agak kecil dan kurang nendang, tapi saat saya mencoba menghubungkannya dengan komputer ternyata suaranya lumayan keras hingga bisa terdengar orang serumah hingga tetangga sebelah. Speaker ini dilengkapi dengan karet pelindung yang berfungsi untuk melindungi tombol yang berada pada bagian atas agar tidak tertekan saat speaker disimpan di dalam tas atau saat speaker dibawa bepergian, sungguh ide yang kreatif bukan.



Berbicara masalah ketahanan, untuk penggunaan awal sejak speaker ini dikeluarkan dari dalam box, speaker ini mampu bertahan hingga 6 sampai 7 jam dengan level volume antara 50 sampai 75 persen hingga indikator LED berkedip berwarna merah yang menandakan bahwa baterai lemah. Untuk proses pengecasannya sendiri, speaker ini memakan waktu kurang lebih 3 jam dengan menggunakan charger berkapasitas 5 Volt, 1 Ampere sesuai dengan spesifikasi yang disarankan oleh pabrik.



Berikut kesimpulan yang dapat saya berikan terkait dengan produk Mi Pocket Speaker 2:
  • Dari segi harga, speaker ini tergolong mahal di kelasnya karena terdapat JBL GO yang menawarkan harga lebih murah.
  • Dari segi desain, speaker ini juaranya berkat inovasi kreatif dan pemilihan bahan yang premium.
  • Dari segi kualitas suara, tidak bisa dibilang bagus dan tidak pula jelak, tapi bisalah untuk diandalkan.
  • Dari segi ketahanan, dengan waktu pengisian 3 jam untuk pemakaian 6-7 jam terbilang standar, tapi cukup untuk menemani kita seharian.
Adapun kekurangan yang dimiliki speaker ini adalah:
  • Tidak adanya charger dan kabel data dalam paket penjualan.
  • Tidak adanya slot memori atau flashdisk untuk mendengarkan musik on the go.
Itulah sedikit review singkat saya tentang Mi Pocket Speaker 2. Klik link berikut untuk melihat video unboxingnya. Sampai jumpa lagi pada postingan berikutnya, sekian dan terima kasih.

Comments