Contoh Algoritma Paling Sederhana


Algoritma merupakan urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. Dalam pemrograman, hal yang penting untuk dipahami adalah logika kita dalam berpikir, bagaimana cara untuk memecahkan masalah pemrograman yang akan dibuat. Sebagai contoh, banyak permasalahan matematika yang mudah jika diselesaikan secara tertulis, tetapi cukup sulit jika kita terjemahkan ke dalam pemrograman. Dalam hal ini, algoritma dan logika pemrograman akan sangat penting dalam pemecahan masalah. Berikut ini saya berikan contoh algoritma dasar atau dalam bahasa sederhananya langkah kerja.
***
Proses pembelian buku di sebuah toko buku:
  1. Tentukan buku yang ingin dibeli. (buku yang ingin dibeli hendaknya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan)
  2. Siapkan uang secukupnya sebagai alat pembayaran yang sah.
  3. Cari dan pergilah ke toko buku yang menjual buku yang akan dibeli.
  4. Gunakan kendaraan jika jarak anda dari toko buku agak jauh, dan jika jarak anda cukup dekat maka cukup dengan berjalan kaki.
  5. Setelah tiba di toko buku, titipkan barang bawaan ke tempat penitipan barang sebelum masuk.
  6. Selanjutnya carilah buku yang dimaksud di dalam toko buku tersebut.
  7. Untuk mempermudah dalam pencarian buku gunakan komputer informasi untuk mencari buku.
  8. Setelah menemukan lokasi penyimpanan buku, ambil buku yang ingin dibeli dan bawalah kekasir untuk proses pembayaran buku.
  9. Bayarlah buku dengan uang yang telah disiapkan sesuai dengan harga buku. (uang boleh lebih dari harga buku akan tetapi tidak boleh kurang dari harga buku).
  10. Jika uang anda lebih, tunggulah sisanya sebelum meninggalkan kasir. Jika uang anda pas ambil buku yang telah dibayar dan tinggalkan kasir.
  11. Sebelum meninggalkan toko buku, jangan lupa untuk membawa pulang buku yang telah dibeli dan juga barang bawaan yang sebelumnya telah dititipkan di tempat penitipan barang.
  12. Selanjutnya tinggalkan toko setelah anda  berhasil membeli buku.
***
Algoritma untuk meminjam buku di perpustakaan:
  1. Tentukan buku apa yang ingin anda pinjam terlebih dahulu.
  2. Carilah perpustakaan dimana anda dapat menemukan buku tersebut.
  3. Bagi anda yang belum menjadi anggota datanglah ke perpustakaan dan mintalah kepada penjaga perpustakaan agar anda menjadi anggota perpustakaan.
  4. Isilah formulir pendaftaran anggota perpustakaan, kumpulkan foto jika diminta dan bayarlah uang administrasi jika ada.
  5. Bagi anda yang telah menjadi anggota di perpustakaan tersebut anda tidak perlu melakukan langkah 3 dan 4.
  6. Carilah buku yang ingin anda pinjam, anda dapat mencarinya sendiri, atau meminta bantuan penjaga perpustakaan, atau anda dapat mencarinya melalui komputer informasi yang terdapat di perpustakaan tersebut.
  7. Jika anda telah mencari buku tersebut akan tetapi anda tidak menemukannya, maka anda harus mencari perpustakaan lain dan memulai dari langkah 2.
  8. Jika buku tersebut telah anda temukan maka bawalah buku tersebut kepada penjaga perpustakaan.
  9. Selanjutnya, penjaga perpustakaan akan mencatat detail buku yang  dipinjam dan identitas peminjam buku.
  10. Setelah proses pencatatan selesai, anda boleh membawa pulang buku sampai batas waktu yang telah ditentukan dan anda telah berhasil meminjam buku.
***
Langkah-langkah mengirim e-mail:
  1. Siapkan perangkat atau media yang dapat terhubung dangan internet  (komputer, laptop, tablet, handphone dll).
  2. Pastikan perangkat yang akan anda gunakan sudah terhubung dengan internet baik dengan modem, wireless, speedy, dll. Jika tidak, pergilah ke warnet atau ke tempat yang menyediakan fasilitas hotspot baik yang gratis ataupun yang berbayar.
  3. Setelah terhubung dengan internet, bukalah browser yang ada pada perangkat anda.
  4. Masuklah ke penyedia layanan e-mail dimana anda telah mendaftarkan akun e-mail anda. Caranya bukalah alamat web-nya terlebih dahulu kemudian pilih menu “Mail” atau “E-mail”.
  5. Setelah anda masuk ke layanan e-mail klik “sign in” atau”login” yang terdapat pada halaman web. Selanjutnya anda tinggal memasukkan username dan password anda pada kolom yang telah disiapkan.
    (username dan password harus sesuai, jika tidak maka anda tidak dapat menggunakan layanan email).
  6. Jika email anda telah terbuka, selanjutnya pilih menu “new e-mail” atau menu lain yang berfungsi untuk membuat e-mail baru.
  7. Masukkan alamat e-mail yang akan anda kirimi e-mail pada baris pertama yang bertuliskan “to”.
  8. Baris kedua yang terdapat tulisan “cc” dikosongkan saja.
  9. Selanjutnya isikan judul e-mail atau pokok e-mail pada baris ketiga yang bertuliskan “subject”.
  10. Tuliskan isi e-mail anda pada kotak yang telah disediakan.
  11. Anda juga dapat melampirkan file (gambar, suara, video, dokument dll) dari komputer anda dengan mengklik menu “attach file”.
  12. Setelah semua isi e-mail selasai ditulis, selanjutnya pilih menu “send” untuk mengirim e-mail.
  13. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan bahwa e-mail telah terkirim. Jika tidak kirim ulang e-mail anda sampai muncul pemberitahuan bahwa e-mail telah terkirim.
  14. Anda telah berhasil mengirim e-mail, selanjutnya keluar dari akun anda dengan mengklik menu “logout”  atau “sign out”.
Demikianlah materi tentang beberapa contoh algoritma sederhana, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Comments