Adidas Bagi-Bagi Sepatu Gratis Dalam Rangka Anniversary ke-69

Senin, 7 Mei 2018 - Pagi ini saya menerima beberapa pesan yang tersebar di salah satu aplikasi perpesanan instan whatsapp. Pesan tersebut berisi informasi bahwa adidas sedang membagi-bagikan sepatu gratis dalam rangka merayakan anniversarinya yang ke-69. Dalam pesan tersebut dikatakan bahwa adidas akan membagikan 2500 pasang sepatu, dengan mengklik sebuah tautan yang akan mengarahkan kita ke dalam sebuah situs dan melakukan arahan dalam situs tersebut. Namum faktanya perihal program tersebut adalah tidak benar alias hoax. Berikut ini isi pesan yang saya terima melalui aplikasi whatsapp;


"Adidas is giving 2500 Free pair of shoes to celebrate it's 69 anniversary, get your free shoes at @ http://www.adidas.de/shoes"

yang artinya kurang  lebih seperti ini;

"Adidas membagikan 2500 pasang sepatu untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-69, dapatkan sepatu gratismu di @ http://www.adidas.de/shoes"

Setelah mengklik tautan itu kita akan diarahkan ke sebuah situs, dimana situs ini menampilkan informasi tentang program bagi-bagi sepatu gratis yang diadakan oleh adidas. Di dalamnya juga terdapat informasi sisa sepatu yang masih tersedia serta di bawahnya terdapat komentar-komentar dari orang-orang yang katanya sudah berhasil mendapatkan sepatunya. Kok bisa yah, padahal programnya baru dimulai hari ini. Pada situs tersebut, kita akan diarahkan untuk mengisi sebuah survei sebagai syarat untuk mendapatkan sepatu gratis dari adidas. Ada beberapa pertanyaan pada survei yang harus dijawab hingga kita dapat mengklaim sepatu gratis dari adidas.

Seperti halnya kebanyakan situs yang berisi hoax dan spam, dari tampilan awal kita sudah bisa menduga bahwa situs tesebut merupakan situs palsu. Hal itu semakin meyakinkan dengan keharusan untuk mebagikan konten ini kepada 20 kontak/grup di whatsapp, sudah basi kali. Namun bagi sebagian orang yang masih awam, mereka akan mempercayai informasi pada situs tersebut dan melakukan arahan pada situs tersebut dengan harapan akan mendapatkan sepatu gratis.

Tampilan situs yang digunakan pada program anniversary adidas

Setelah mengisi survei, kita akan diarahkan ke halaman yang berisi ucapan selamat bahwa kita telah berhasil mendapatkan sepasang sepatu dari adidas. Tapi sebelum kita mengklaim sepatu gratis dari adidas "dalam mimpi" kita harus membagikan konten ini ke 20 kontak/grup whatsapp sebagai syarat untuk mendapatkan sepatunya. Inilah penyebab sehingga pesan ini banyak beredar di whatsapp, rupa-rupanya sudah banyak orang yang telah menjadi korban dari program adidas bagi-bagi sepatu gratis ini, bahkan mungkin anda sendiri adalah korban dari hoax ini.

Tampilan situs resmi adidas

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kasus ini agar tidak lagi tertipu dengan kasus serupa lainnya yang bertebaran di internet. Pertama, website yang digunakan dalam promo ini bukanlah website resmi adidas alias palsu. Hal itu dapat dilihat dari tampilan dan konten yang ada di dalamnya, dari sini anda sudah harus mulai berhati-hati. Kedua, jika dipikir-pikir secara logika apa ia perusahaan sekelas adidas mau membagi-bagikan 2500 sepatu secara gratis dengan hanya mengisi survei tidak jelas lalu membagikannya ke 20 kontak/grup whatsapp.

Jika menemukan hal-hal semacam ini, entah itu promo sepatu gratis atau promo-promo lainnya yang banyak bertebaran di internet, khususnya di media sosial. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memperhatikan situs yang digunakan, apakah itu merupakan situs resmi perusahaan atau hanya situs palsu. Selanjutnya, jangan mudah percaya jika menemukan informasi semacam ini, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu dengan mengunjungi situs resminya, apakah promo tersebut ada di situs resmi atau tidak ada. Jika perlu hubungi kontak yang tersedia pada situs resmi untuk melakukan klarifikasi tentang promo yang sedang beredar.

Jika anda merupakan orang yang teliti dan selalu melakukan kros-cek terhadap keaslian sebuah informasi, maka anda tidak akan mudah menjadi korban hoax atau berita bohong yang bisa berujung pada penipun dan kerugian. Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kita tidak mudah tertipu dengan informasi atau promo-promo palsu yang mengatas namakan sebuah perusahaan atau lembaga yang banyak bertebaran di internet.

Pesan saya jadilah orang yang bijak dalam menggunakan internet, jangan mengedepankan nafsu, selalu gunakan akal sehat anda dalam menaggapi informasi dan promo yang tersebar di internet.  Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda, sekian dan terima kasih.

Comments